Mamuju, Bumi Manakarra

Kali ini saya akan coba memberikan sedikit informasi mengenai yang saya peroleh dari beberapa literatur di Internet dan informasi lisan, mengenai terbentuknya Sulawesi Barat dan Bumi Manakarra sebagai ibukotanya diawali pada tahun 1960 sebuah muktamar melahirkan istilah Sipamandar atau saling memperkuat.

Adapun Tokoh yang mencetuskan ide ini antara lain : H.Andi Depu, Abd.Rahman Tamma, Kapten Amir, Baharuddin Lopa, SH dan Abd.Rauf .

Provinsi Sulawesi Barat menurut sejarah terdiri atas beberapa kerajaan, hal ini dibuktikan dengan penemuan artefak luar di bekas afdeling mandar. Kerajaan itu diantaranya Balanipa, Banggae, Pamboang, Sendana, Tappalang, Mamuju , Binuang, Rante Bulahan, Arale, Mambi, Tabulahan, Matangga, Bambang dan Tabang.

Didalam perkembangannya, saat ini Mamuju dan Sulawesi Barat menjadi sebuah daerah yang patut diperhitungkan di negara ini, pembangunan yang pesat disegala bidang, pemerintah daerah sadar kalau infrastruktur jalan yang baik mampu meningkatkan ekonomi daerah sehingga Mamuju kini menjadi kota yang moderen dengan segala fasilitas yang lengkap didukung dengan masyarakat yang pekerja keras dan agamis.

Sesuai dengan cita-cita para leluhur yang ingin menjadikan wilayah yang masagena na mala' bi atau wilayah yang terpandang dan mulia.
Mamuju, Bumi Manakarra Mamuju, Bumi Manakarra Reviewed by Unknown on December 13, 2014 Rating: 5

No comments: